Berbicara Penipuan Pinjaman Online

Baru-baru ini Indonesia dihebohkan dengan maraknya Pinjaman Online yang beredar dimasyarakat. Tentu tidak semua peristiwa berdampak baik begitu juga buruknya. Selengkapnya.
Berbicara Penipuan Pinjaman Online

Dimasa pandemi ini banyak masyarakat merasa terbatas dan kekurangan. Terutama dari segi ekonomi, belakangan ini banyak sekali tawaran pinjaman online dari berbagai merek, munculnya aplikasi pinjaman online sangat membantu para masyarakat yang membutuhkan modal entah untuk usaha maupun membeli barang yang dibutuhkan, namun bagaimana jika pinjaman online ini justru menimbulkan perkara baru.

Baca juga : Perampasan Hak Dan Harga Diri Perempuan

Dari sekian banyak tawaran di dalam pinjaman online cukup membuat aplikasi-aplikasi tersebut sangat diminati, tetapi ada juga yang hanya tipuan belaka, sebagian masyarakat merasa terbantu dengan pinjaman online ini tetapi tak sedikit juga yang menjadi terlilit banyak hutang, mereka yang tidak tau batasan akan selalu tergiur dan akan mengajukan pinjaman lagi dan lagi, bahkan jika masih merasa kurang masih bisa mengunduh aplikasi pinjaman yang lain.

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu perkara yaitu
1. Suku bunga dan denda yang tinggi, tidak ada nya kejelasan dalam perjanjian terhadap bunga yang diberikan.
2. Potongan biaya admin yang banyak hingga 40% dari biaya peminjaman.
3. Jangka waktu yang sangat singkat,biasany 2 bulan namun setelah kesepakatan hanya 2 minggu.

Petugas pinjaman online selalu meminta peminjam mengizinkan agar dapat mengakses semua data dan kontak dari ponsel pemilik, yang akan digunakan untuk mengintimidasi peminjam pada saat gagal bayar. Bahkan, tidak hanya melalui kamera, mikrofon, dan lokasi saja sebagaimana ketentuan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Baca Juga : Bahasa Malangan, Ciri Khas Orang Malang 

Petugas pinjaman online melakukan teror dan spam. Hal tersebut sangat bisa dihindari dengan selalu memilih aplikasi pinjaman online terpercaya dengan logo legal OJK (Otoritas Jasa Keuangan), walaupun telah memilih aplikasi yang terpercaya sangat disarankan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan, pastikan mendapat informasi secara detail dan juga mengajukan pinjaman yang sewajarnya saja.

Pinjaman online akan bermanfaat apabila kita menggunakannya dengan baik juga, oleh karena itu, sampai saat ini masih banyak sekali kasus pinjaman online ini yang hanya bisa kita hindari dari diri kita sendiri.

Total
0
Shares
Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Previous Article
PESMABA UMMM 2021 Hadirkan Kekerasan Tanpa Penyelesaian

PESMABA UMM 2021 Hadirkan Kekerasan Tanpa Penyelesaian

Next Article
Penyesalan Tiada Arti

Penyesalan Tiada Arti